Atasi Radang Amandel Secara Alami Dengan Tanaman Herbal


Radang amandel bisa diobati secara alami dengan menggunakan tanaman herbal. Menurut kumparan , Ada beberapa jenis tanaman herbal yang bisa dimanfaatkan dan mudah didapat. Walaupun saat ini sudah banyak beredar obat herbal radang amandel yang dipasarkan. Namun beberapa tanaman herbal tradisional ini masih banyak digunakan karena khasiatnya yang tidak kalah dengan obat-obatan yang lainnya.

Radang amandel merupakan suato kondisi dimana adanya peradangan atau iritasi pada amandel (tonsil) yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Gejala yang sering timbul dari radang amandel diantaranya, sakit tenggorokan, nyeri saat menelan, sulit menelan, demam, terdapat peradangan pada amandel, dan sebagainya.

Tanaman Herbal Untuk Mengobati Radang Amandel

Tanaman-tanaman berikut ini sering dijumpai disekitar tempat tinggal, jadi tidak susah untuk mencarinya. Cara pembuatannyapun sangat mudah, Anda hanya perlu merebusnya dengan dibambah beberapa bahan alami lainnya sebagai pelengkapnya. Berikut ini tanamannya:

  • Tanaman Saga

Tanaman saga adalah salah satu tanaman herbal yang mempunyai banyak khasiat, salah satunya adalah untuk mengobati radang amandel. Tanaman saga memiliki kandungan alkaloid dan asam lemak yang berguna untuk menyembuhkan rematik dan peradangan serta sebagai sumber energi.

Bahan:

  1. Siapkan akar tanaman saga secukupnya.
  2. Kayu manis.
  3. Gula batu.

Cara membuat ramuannya:

Rebus semua bahan yang sudah disediakan dengan 5 gelas air sampai mendidih dan tunggu hingga air rebusan berkurang sampai setengahnya. Minum secara rutin ramuan tersebut 2 kali sehari satu gelas pagi dan sore.

  • Daun Pecut Kuda

Daun pecut kuda sudah sejak lama dikenal sebagai obat tradisional untuk mengobati radang amandel. Tidak hanya itu, tanaman ini juga bisa dijadikan obat alami untuk mengobati berbagai jenis penyakit, seperti infeksi, kencing batu, rematik, radang tenggorokan, dsb.

  • Daun Pegagan

Belum banyak orang yang tahu akan khasiat tanaman pegagan. Daun pegagan ternyata memiliki khasiat untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk mengobati radang amandel. Umumnya daun pegagan hanya diketahui sebagai daun untuk lalaban karena rasa daunnya yang manis. Tidak hanya sebatas itu, daun pegagan memilkik khasiat sebagai anti-alergi, pelancar sirkulasi darah, peningkat sistem imun dan meningkatkan kemampuan saraf. Kandungan saponin didalamnya lah yang menjadi alasan mengapa daun pegagan berkhasiat untuk atasi radang amandel, karena saponin mampu menghentikan peradangan, mencegah terbentuknya keloid dan dapat meningkatkan konsentrasi serta meredakan stres.

Anda dapat memilih salah satu tanaman herbal diatas untuk dijadikan obat alami untuk mengatasi radang amandel. Pengobatan alami dinilai lebih aman karena jarang menimbulkan efek samping, namun harus perlu kesabaran karena pengobatan alami membutuhkan proses yang agak lama dari pengobatan medis.

Sumber : kumparan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *