Mitos dan Fakta Tentang Parfum, Mana Yang Benar?

Tidak hanya terkait dengan aktivitas sehari-hari seseorang atau juga yang memiliki kaitan dengan orang banyak, dalam ‘dunia perparfuman’ juga tak luput ada yang namanya mitos. Banyak mitos terkait parfum yang ada kemungkinan sampai sekarang masih dipercayai. Berikut ini mitos dan fakta terkait dengan parfum.

  1. Mitos: Titik nadi tangan adalah area satu-satunya yang tepat untuk disemprotkan parfum

Fakta: Titik nadi tangan atau disebut juga dengan pulse poin merupakan suatu area atau bagian di tubuh yang mampu menghasilkan panas. Dikarenakan itu, dengan menyemprotkan parfum pada bagian pergelangan tangan dipercaya mempu membuatnya menyebar dengan lebih cepat. Akan tetapi tubuh masih memiliki beberapa bagian lain yang juga dapat disebut sebagai pulse point, seperti leher, belakang telinga, siku bagian dalam sampai dengan otot-oto bisep.

  1. Mitos: Menggunakan parfum pada pergelangan tangan harus digosokkan setelah disemprotkan agar tahan lama

Fakta: Parfum memiliki 3 bagian utama, yaitu top notes, middle notes dan base notes. Ketiga bagian ini mempunyai fungsi sendiri-sendiri dan jangka waktu penguapan yang berbeda. Jika setelah menyemprotkan parfum di pergelangan tangan dan kemudian menggosoknya, maka justru akan menghilangkan aroma parfum itu sendiri. Untuk itu, agar parfum wangi dan bertahan lama, maka dianjurkan untuk membiarkannya mengering dengan sendirinya setelah disemprotkan pada pergelangan tangan.

  1. Mitos: Wangi parfum pada kertas tester akan sama seperti ketika digunakan di kulit

Fakta: Memang ketika disemprotkan ke kertas tester atau ke kulit, kandungan dalam parfum akan langsung melekat pada permukaan. Hanya saja aromanya akan menjadi sedikit berubah ketika diaplikasikan ke kertas tester dan kulit. Hal itu disebabkan kulit manusia memiliki aroma sendiri yang mana mampu mengubah molekul dari kandungan zat parfum dan memunculkan kekhasan tersendiri.

Kalau Anda sudah tahu tentang kebenaran di balik mitos mengenai parfum, kini bisa lebih mudah memilih parfum yang sesuai dan mengaplikasikannya ke kulit. Anda pun bisa lebih percaya diri dengan aroma parfum favorit di berbagai aktivitas harian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *