Resep Cara Membuat Cilok

Cilok merupakan sebuah cemilan khas orang sunda. Nama cilok sendiri berasal dari singkatan aci (tepung tapioka) di colok. Biasanya cilok dipadukan dengan bumbu seperti saus dan kecap atau juga bumbu kacang, namun seiring berjalannya waktu cilok pun mengikuti jaman modern, mulai dari cilok isi sosis, cilok isi keju, cilok isi kornet, dan masih banyak lagi. Kini cilok pun tak hanya digemari oleh masyarakat Jawa Barat saja banyak orang luar Jawa Barat pun yang menyukai cilok ini. Nah pada kesempatan kali ini, saya akan coba menyampaikan resep cara membuat cilok.

* Bahan-bahan Cilok *

– Tepung Tapioka 1 kg

– Tepung terigu 50 gram  

– Air Panas 200 ml    

– Bawang daun 1 ikat dipotong-potong kecil   

– Garam 2 sendok teh  

– 1 sachet penyedap rasa merk apa saja

* Bahan-bahan isian *

– seperempat daging sapi cincang                                                                                                                                                            – 2 sosis sapi atau sosis ayam

* Cara Membuat *

– Masukan tepung terigu dan tepung tapioka kedalam mangkuk besar, kemudian siramkan air panas    sedikit demi sedikit sambil diaduk.    

– setelah di aduk masukan garam, penyedap rasa, dan bawang daun, kemudian aduk lagi hingga merata, setelah itu uleni adonan cilok sampai kalis dan tidak lengket lalu diamkan selama 20 menit.   

– lalu ambil adonan kemudian bulat kan kecil-kecil, setelah itu panaskan air dalam panci dengan api yang sedang.     

– Setelah air nya menggolak masukan adonan cilok tersebut dan tunggu ciloknya hingga mengambang       

– cilok pun siap disantap, jangan lupa siramkan saus dan kecap atau bumbu kacang diatasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *