Susu Kental Manis Untuk Anak 2 Tahun Kebawah Sebaiknya Dihindari

[Bintang] Ilustrasi Susu Kental Manis

Makanan terbaik bagi bayi adalah ASI atau Air Susu Ibu. Pasalnya ASI ini mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh bayi seperti adanya kandungan lemak AA dab DHA, karbohidrat, protein, vitamin, mineral, enzim, hormon, dan yang terpenting adalah adanya zat antibodi. Kesemua kandungan nutrisi yang ada didalam ASI itu tidak akan ada didalam susu formula yang manapun. Oleh sebab itulah sejak bayi dilahirkan maka sebaiknya diberikan ASI hingga dirinya berusia 6 bulan. ASI pemberiannya dilanjutkan setelah bayi berusia 2 tahun atau lebih dengan didampingi makanan pendamping ASI atau MPASI. MPASI itu seperti serelia, sayuran, buah, tahu, tempe, daging, dan ikan.

Lalu bagaimana dengan susu selain ASI? Karena berbagai penyebabnya sehingga terkadang menyebabkan bayi tidak dapat diberikan ASI oleh ibunya. Pada saat ibu tidak bisa memberikan ASI maka pilihan alternatifnya adalah dengan menggunakan susu formula. Pada saat anak berusia 2 tahun maka anak bisa diberi susu sapi yang sudah dipasteurisasi atau UHT. Atau juga diberikan susu formula pertumbuhan sehingga kebutuhan protein anak akan terpenuhi.

Tetapi pemberian susu ini sifatnya tidak wajib karena jika anak sudah berusia 2 tahun  maka pemberian ASI atau susu ini hanya diberikan sekitar 30 % saja dari total kalori yang dibutuhkan anak. Sedangkan sisanya yaitu sekitar 70 % harus diperoleh anak dari berbagai makanan padat yang mengandung gizi. Menurut Dr Damayanti, Sp,A(K),Ph.D mengatakan jika balita sebaiknya tidak mengkonsumsi susu kental manis atau SKM. Berikut beberapa alasan susu kental manis untuk anak 2 tahun sebaiknya dihindari diantaranya yaitu :

  • Tidak Ada Nutrisi Didalam SKM

SKM terbuat dari susu sapi murni yang dikentalkan lalu ditambahkan dengan gula. SKM ini mengalami penurunan nutrisi pada hasil akhirnya karena banyaknya proses yang harus dilalui oleh produk tersebut.

  • Kandungan Gula Didalam SKM Tinggi

SKM mengandung gula yang sangat tinggi sehingga jika dikonsumsi maka nantinya akan dapat menimbulkan gangguan kesehatan pada gigi dan juga mulut. Gula yang menempel pada gigi itu akan berubah menjadi asam. Asam pada gigi ini akan merusak lapisan enamel gigi sehingga menyebabkan gigi berlubang.

Itulah beberapa alasan bahaya susu kental manis untuk anak 2 tahun sebaiknya dihindari. Selain itu masih ada alasan yang lainnya yaitu rendahnya kandungan kalsium dan Vitamin D didalam SKM jika dibandingkan dengan susu sapi murni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *